Lomba Debat Feksi 2012, SMA Semesta Maju Tingkat Nasional


SEMARANG, suaramerdeka.com - Berulang kali tiga siswi SMA Semesta Semarang mengucap rasa syukur setelah berhasil menjuarai lomba debat Festival Ekonomi Kreatif tk-SMA dan sederajat se-Indonesia (FEKSI), Selasa (26/6). Nurul Muizah (16), Raditya Putranti (16) dan Ima Ningtyas (16) menyisihkan sembilan tim dari Ungaran, Salatiga, dan Kendal.

Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers (SPS) Asmono Wikan mengatakan, event yang digelar SPS kerjasama dengan Kementerian Perdagangan ini memasuki tahun ketiga. Ada empat event yang dikompetisikan, yakni lomba debat, lomba foto jurnalisme dengan kamera handphone, lomba menulis artikel tentang ekonomi kreatif dan lomba mading.

"Lomba debat kami gelar di 10 kota besar, sedangkan lomba mading dikhususkan bagi pelajar di Jabodetabek," kata Asmono yang memoderatori lomba debat Feksi 2012, hari ini, di kantor Suara Merdeka Jl Kaligawe Km 5.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan ekonomi kreatif, menumbuhkan jiwa wirausaha, dan mengembangkan minat baca di kalangan pelajar SMA se-Indonesia, khususnya wilayah Jawa Tengah. Semarang menjadi kota kesembilan dari 10 kota yang disinggahi event debat ekonomi kreatif ini.

Sebelumnya, FEKSI 2012 disenggarakan di Jakarta (8/5), Bandung (10/5), Yogyakarta (16/5), Surabaya (22/5), Palembang (25/5), Banjarmasin (15/6). Setelah Medan, FEKSI akan hadir di Makassar (22/6), Semarang (26/6), dan Denpasar (29/6).

Sementara itu, tim debat dari SMA Semesta yang diwakili Nurul Muizah mengatakan, persiapan lomba debat ini begitu singkat. Ketiganya bersekolah di asrama mengaku tidak kesulitan dalam menjawab soal.

"Yang penting sudah tahu dasarnya, dan lebbih banyak diskusi. Sebab materi soal tidak bisa dihapalkan namun cukup dimengerti dan didiskusikan bersama," katanya.

Adapun peringkat tiga juara besar lomba debat Fekssi 2012 tingkat Jateng ini diraih SMA Semesta, SMKN 7 Semarang, dan MAN Salatiga. SMA Semesta mewakili Jateng maju ke tingkat nasional, untuk ikut final yang akan digelar sekitar akhir Juli. Dewan juri dalam lomba debat ini terdiri atas Agustiono (Head of Branch Telkomsel Semarang), Widi Artanto (Dosen Administrasi Bisnis Undip) dan Heryanto Bagas Pratomo (Redaktur Senior Suara Merdeka).
( Hartatik / CN32 / JBSM )

Comments

Popular posts from this blog

A Marxist Analysis : Bitcoin as Capitalism’s Latest Fetish of Commodity

Perempuan dan Dialog Antar-Agama: Pengalaman Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)

Meneguhkan Lagi Peran Akal, Kebebasan dan Toleransi: Memperimbangkan Tawaran Mustafa Akyol